Wiendu: Mahasiswa Harus Terjangkit Virus Membaca


"Mahasiswa harus doyan membaca dan menulis. Mahasiswa harus terjangkit virus membaca," ungkap Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud), Wiendu Nuryanti, dalam acara Orasi Budaya Festival Buku UIN Jakarta 2014 dengan tema  "Melawan Disleksia Bangsa", di Aula Student Center (SC) UIN Jakarta, Senin (12/5).

Pada kesempatan tersebut, Wiendu juga berharap kepada seluruh mahasiswa untuk selalu membudayakan membaca dimanapun berada. "Saya membayangkan jika suatu saat di tongkrongan membincang buku. Pokoknya dimanapun membahas bacaan," tambahnya.

"Semoga dengan adanya acara ini, kampus-kampus di luar UIN tertarik untuk mengadakan acara yang sama. Jadi, mahasiswa benar-benar membangkitkan budaya baca di lingkungan atau luar kampus," katanya.

Senada dengan Wiendu, Ketua Panitia Pelaksana, Adi Nugroho mengatakan, pihaknya merasa prihatin lantaran melihat kondisi masyarakat Indonesia yang lebih senang untuk melihat dan mendengar daripada membaca.

"Bangsa Indonesia kini lebih senang menghabiskan waktu untuk menonton televisi daripada berdiam untuk membaca buku. Maka dari itu, kawan-kawan dari Jurusan Ilmu Perpustakaan, Majelis Kantiniyah, dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) INSTITUT menggelar acara ini dengan rentetan acara yang sudah disiapkan sapai 17 Mei mendatang," ujar Adi.

Adi berharap, dengan diadakannya acara ini bisa menjadi pemantik semangat mahasiswa untuk membudayakan kegiatan membaca.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.