Tips Wisata di Tengah Salju


Rovaniemi adalah kota yang terletak di sebelah utara Finlandia. Kota ini terletak di provinsi Laplandia. Luasnya 8.016 km² dengan memiliki populasi sebesar 58.500 jiwa (2006) dengan memiliki kepadatan penduduk sebesar 7,6 jiwa/km². Kota ini juga dikenal sebagai 'Kota Es' karena musim dinginnya yang panjang dan dingin.
Desa Rovaniemi di Finladia menawarkan atraksi wisata di bentang alam yang bersalju. Atraksi wisata yang dapat dilakukan adalah bermain dan berseluncur di salju, melihat Aurora Borealis, hingga menginap di tengah salju.
Dengan suhu mencapai minus 30 derajat, cuaca yang dihadapi wisatawan Indonesia di Rovaniemi akan terasa ekstrim. Apalagi wisatawan Indonesia terbiasa tinggal di daerah tropis. Tips berikut juga berguna untuk wisatawan Indonesia dapat mandiri ketika akan melancong ke negara dengan musim dingin.
Perlengkapan
Untuk menghadapi suhu yang ekstrem, wisatawan Indonesia hendaknya perlu untuk membawa perlengkapan yang dapat mencegah panas tubuh keluar. Perlengkapan yang dapat dibawa seperti sarung tangan, kaos kaki kupluk, jaket dengan bahan wol beserta long john bagian bawah untuk celana dan atas untuk badan. Perlengkapan tambahan yang dapat dibawa jaket yang bersifat windproof dan waterproof.
Sabun khusus
Satu tips yang paling penting saat belibur ke Desa Rovaniemi atau negara dengan musim dingin lainnya adalah membawa sabun khusus dengan kandungan moisturizer. Dengan sabun dengan kandungan moisturizer, setelah mandi, kulit dapat tetap halus dan mencegah kulit kering. Sebab ketika kulit kita terasa kering, maka bisa pori-pori kulit dapat pecah dan menyebabkan gatal.
Penggunaan air
Setelah beraktivitas, jika ingin mandi, usahakan jangan pernah mandi dengan air panas. Walaupun mandi dengan air panas terasa nyaman, lebih baik gunakan air yang tidak panas maupun dingin. Suhu di luar ruangan terasa dingin dan ekstrem, jika pakai air panas, perubahan suhu akan menyebabkan pori-pori pecah dan kulit akan terasa gatal. Agar aroma tetap segar, jangan lupa gunakan parfum.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.