7 Jurusan yang Menjanjikan Masa Depan Cerah



Demi menjawab tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kini anak muda di Indonesia perlu membekali diri dengan kemampuan internasional. Kecakapan berbahasa asing adalah salah satunya, lainnya lagi tentu masih banyak seperti kemampuan bernegosiasi, mental pejuang, dan lain halnya lagi.

Banyak cara utnuk mendapatkan kemampuan internasional, salah satunya adalah dengan melanjutkan studi di perguruan tinggi yang sudah memiliki kurikulum internasional. Kiprah mahasiswa yang kuliah di sana akan lebih terasah keinternasionalannya. Apalagi sekarang di Indonesia sudah ada kampus-kampus yang menawarkan kuriikulum tersebut, bahkan dual degree dan magang di benua sebrang.  Swiss German University (SGU) salah satunya.

SGU Indonesia memiliki formula tersendiri. Pasalnya SGU memiliki kurikulum perkuliahan yang mengacu pada kegiatan perindustrian. Dengan begitu, SGU mampu memberikan materi dan praktik—praktik yang matang.

Universitas yang bekerjasama dengan 17 mitra institusi yang tersebar di Eropa ini membuat alumni-alumninya bersaing di tingkat Asean bahkan internasional. Lulusan-lulusannya pun nantinya bisa bergerak bebas lantaran punya kompetensi dan profesionalisme.

Universitas berstandar internasional ini juga memiliki kelebihan yang unik. Setiap mahasiswanya akan meraih dua gelar sekaligus dan menikmati pengalaman dua kali agar di luar negeri dan dalam negeri. Kampus ini sendiri telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan luar negeri. Selain itu, staff dan dosen berstandar Internasional. Pengantar bahasa utamanya adalah bahasa Inggris. 

Penasaran? Sekarang mari kita ulas  tujuh jurusan favorit yang akan membawa kalian ke masa deppan yang lebih cerah dan bersaing ke pasar global di SGU.



1.     Teknik Mekatronoka

Mekatronika merupakan gabungan dari teknik penerapan dari teknik mesin, kontrol teori, ilmu komputer dan elektronika. Teknik mekatronoka mengajarkan mahasiswa agar dapat menciptakan mesin yang cerdas dan modern. Kelas di isi oleh 24 siswa jadi dosen dapat lebih fokus kepada mahasiswanya. Karir yang bisa mahasiswa tempuh setelah lulus dapat bekerja diindustri mesin, industri kimia, metalurgi, industri ringan, industri makanan, pulp and paper industri, elektronik dan industri aparatur. Bidang tarnsportasi dapat berkarir di kereta api, transportasi udara, tramway, kelautan, otomatis. Dapat juga berkarir di pembangkit listrik yaitu thermal, air, nuklir, angin.



2.    Bisnis atau teknik Industri

Teknik industri juga dikenal dengan teknik management. Bisnis Teknik industri ini menggabungkan penerapan ilmu dari beberapa departemen yang ada di Universitas Swiss German yaitu teknik Mekatronika, Administrasi Bisnis, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jika kamu kuliah di sini,, kamu akan ditawarkan program spesialisasi seperti desain produk baru dan pengembangan, khusunya produk berbahan plastik dan teknologi.



3.    Teknologi Informasi

Untuk jurusan Teknologi Informasi kampus ini memiliki dua progaram yaitu sarjana (S1) dan Magister (S2). Mata pelajaran Teknik Informatika (TI) pada dasarnya diajarkan mengenai teknologi, aspek pengelolaan dan pengolahan informasi. Jurusan TI ini memiliki prospek kerja yang luas di masa depan. Prospek yang ditawarkan misalnya menjadi konsultan, insinyur, pengusaha di bidang TI dan lainnya. apalagi jika ilmu ini dapat dikembangkan untuk membantu wajah Indonesia khususnya yang berada di daerah terpencil agar tidak ketinggalan dengan arus global yang begitu cepat. Seperti yang kita tahu teknologi selalu mengalami perkembangan dengan pesat.    



4.    Administrasi Bisnis Internasional

Jurusan Administrasi Bisnis Internasional untuk menjelajah bisnis internasional. Selain Bahasa Inggris, mahasiswa harus mempelajari dua bahasa lainnya. Mahasiswa akan dibekali dan diajarkan berkomunikasi dengan orang lain diberbagai negara. Agar bahasa dan penulisan mereka benar-benar kuat untuk berbisnis. Jika kamu adalah orang yang senang berbisnis, berkomunikasi dan percaya diri dapat meraih masa depan ke dunia bisnis internasional.



5.   Rekayasa Farmasi

Rekayasa farmasi sangat dibutuhkan untuk bidang obat, kosmetik dan jamu di Indonesia. SGU ini adalah satu-satunya universitas yang menawarkan program S1 di Indonesia dalam jurusan Farmasi. Menurut survei departemen kesehatan pada maret 2010, lulusan farmasi SGU ini tidak kurang dari 3 bulan sudah mendapat tempat berkarir di dunia kerja. Ini membuktikan bahwa lulusan ini memang sangat berkompetisi. Staf dan dosen memiliki latar belakang akademik internasional.



6.    Teknologi Pangan

Di Teknologi Pangan, kamu dapat belajar membuat makanan yang sehat dan bergizi. Setiap orang membutuhkan makan untuk bertahan hidup. Bahkan hewan dan mikroba pun juga membutuhkan makan. Lulusan ini akan sangat membantu industri pangan untuk menciptakan desain baru dan suplemen makanan, mengontrol kualitas dan standar baku pangan, pemeliharaan pangan dan lainnya.



7. Teknik Biomedis

Dengan penerapan ilmu dasar biologi, fisiologi dan anatomi dan lain-lainnya. lulusan ini bisa menjadi jembatan antara dokter dan perlatan kesehatan. Bahkan juga bisa menciptakan perlatan kesehatan. Mahasiswa akan belajar pengembangan dan produksi diagnostik baru dan tekhik peralatan terapi. Pemeriharaan dan optimalisasi peralatan medis. Manajemen mutu dan peralatan medis. Pengendalian dan penerapan standar kualitas. Kamu dapat berkarir di dunia teknologi medis industri. Dengan fasilitas teknologi tinggi membuat wawasan semakin menantang. 



Berikut tulisan di atas merupakan tujuh jurusan favorit di SGU yang membuat kamu ingin bersaing di MEA, rasanya perlu untuk kuliah di kampus berstandar internasional karena melatih kamu dalam berbahasa Inggris yang notabene menjadi bahasa universal. Meski SGU berstatus sebagai universitas swasta, bukan berarti memiliki reputasi yang buruk. SGU sebetulnya akan mempersiapkan kamu untuk memiliki pengalaman internasional lewat magangnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.