Cara Atur Biaya Traveling dengan Bijak



 
Mengelola uang adalah sebuah keharusan seseorang agar kita tidak sampai merasakan pusingnya punya dompet bagus tapi kosong. Nah, supaya tidak penasaran berikut ini beberapa tips sederhana dalam mengelola keuangan bila ingin traveling dengan bijak.

1. Buat Angaran dan Patuhi

Membuat anggaran pengeluaran dari gaji atau pendapatan lainnya memang penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah disiplin dan mematuhi anggaran yang sudah Anda buat sendiri. Ada cara klasik untuk patuh terhadap anggaran, yaitu dengan memisahkan uang ke dalam amplop-amplop dan diberi nama sesuai dengan peruntukannya. Semisal menganggarkan Rp 300 ribu setiap bulannya.


2. Manfaatkan Promo dan Diskon

Jika kita mau cermat, ada banyak celah yang bisa dimanfaatkan agar Anda tetap bisa traveling dengan budget yang sangat minim. Salah satunya memanfaatkan berbagai promo dan diskon menarik seperti promo tiket pesawat dan kereta murah.

Kalau perlu luangkan beberapa menit dalam satu hari untuk memantau situs-situs penyedia layanan pesan pesawat. Dengan begitu niscaya Anda bisa mendapatkan harga termurah ke destinasi impian Anda.

3. Tambah Sumber Penghasilan

Ide untuk menjadi produktif dan menghasilkan uang sendiri memang tak mudah. Terkadang sifat takut dan malu menghalangi Anda untuk jadi pribadi yang produktif. Padalah dengan berjualan pulsa atau camilan atau apa pun yang bisa menghasilkan uang halal di kampus atau tempat kerja dapat menambah penghasilan Anda dalam rangka menyiapkan keuangan dalam traveling.

4. Anggarkan Dana Tak Terduga

Dana tak terduga sangat diperlukan untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda terkena musibah, atau ada kejadian-kejadian yang bersifat insidentil dan mengharuskan adanya pengeluaran tambahan tanpa bisa ditunda. Contoh saja, tiba-tiba laptop Anda rusak dan harus diperbaiki. Karena jika tidak segera diperbaiki, Anda tidak dapat menyelesaikan tugas kuliah atau pekerjaan kantor. Sedangkan saat ini laptop sudah seperti barang pokok. Nah, karena biaya perbaikan laptop akan membuat Anda mengeluarkan uang dari anggaran lain seperti untuk makan sehari-hari, bahkan bisa mengurangi jatah uang untuk traveling. Maka dari itu, sisihkan uang untuk biaya tak terduga.

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.