Kunjungi Museum untuk Revolusi Mental


Zaman sekarang rasanya sulit merevolusi mental anak muda untuk mencintai sejarah. Mereka lebih senang memainkan smartphone dan jalan-jalan ke mall atau cafe-cafe ketimbang datang ke museum, seperti museum pahlawan misalnya. Mereka seperti tidak peduli dan tidak sadar jika mereka bisa hidup senang karena orang-orang dulu yang beruang untuk kemerdekaan.

Dengan datang ke museum selain untuk rekreasi, sekaligus menghargai perjuangaan para pahlawan. Lebih dari itu, uang yang kita keluarkan juga jauh lebih sedikit daripada jalan-jalan ke mall atau cafe. Dengan datang ke museum, anak muda akhirnya mampu merevolusi mentalnya untuk mencintai sejarah dengan datang ke museum.


Lalu, selain mengetahui perjuangan para pahlawan,  di museum juga menyimpan warisan tak ternilai dari nenek moyang bangsa. Jadi kita harus menyadari kalau museum bukanlah tempat yang menyimpan benda-benda tua. Museum juga merupakan cerminan peradaban bangsa. Dari museum kita tahu bagaimana proses Indonesia yang sebelumnya masih dijajah hingga merdeka. Lantas, tidak ada salahnya bukan mengisi hari libur dengan mengunjungi museum? Toh kegiatan tersebut untuk kegiatan yang leih bermanfaat ketimbang hura-hura. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.